brat ipoh :D

Latest News

Siapa Pemilik Tanah Palestina Sesungguhnya? (2-Habis)


KEMUDIAN, zaman Konstantin Agung, di tempat tersebut didirikan gereja megah Konstantin. Saat Kisra Parviz menyerang, gereja tersebut diruntuhkan. Baru pada masa Kaisar Heraklius gereja Konstantin kembali dibangun bahkan lebih megah. Bangunan itulah yang kini dikenal dengan Gereja Makam Suci. Umat Kristen percaya, di gereja itulah kelak Yesus Kristus akan bangkit untuk memerangi Anti-Kristus dan memimpin Kristen menuju kemenangan.

Berbeda dengan kedua agama tersebut, Islam mengakui kesucian Masjidil Aqsha dikarenakan kehendak Allah. Sama halnya ketika Islam memandang keutamaan Masjid al-Haram di Mekah dan Masjid Nabawi di Madinah.

Walaupun begitu, Islam mengakui Yahudi dan Nasrani sebagai ajaran dari Allah. Islam juga mengimaninya, bahkan sekaligus turut memiliki nabi dan rasul sebelum kemunculan Muhammad itu. Islam pun menghargai kitab-kitab suci mereka, seperti Taurat Nabi Musa, Zabur Nabi Daud, dan Injil Isa putra Maryam. Dalam tradisi Islam, Yerussalem disebut Madinatu al-Quds.

Tahun 638 M, Masjidil Aqsha menjadi milik kaum muslim setelah Pendeta Agung Sophronius menyerahkanYerussalem kepada Khalifah Umar bin Khattab. Kemudian, Umar mengerjakan salat Zuhur di dekat Gereja Makam Suci.

Di bekas tempat salat itu didirikan Masjid Umar dengan bentuk sederhana. Satu hal yang perlu dicatat, Umar mengizinkan umat kristiani melestarikan Gereja Makam Suci. Hal sama juga berlaku atas Gereja Kelahiran di Betlehem. Konon, Nabi Muhammad pun dalam peristiwa Isra Mikraj sempat menunaikan salat dua rakaat di Betlehem sebagai penghormatan kepada Nabi Isa. Sementara, Tembok Ratapan adalah tempat mengaitkan tali Buroq.

Dalam perjalannya, Yerussalem kembali diperebutkan oleh Yahudi, Kristen, dan Islam. Ketiganya mengaku sebagai pemilik Tanah Suci tersebut. Secara politis dan hukum, Palestina adalah milik umat muslim. Namun, secara keagamaan, Tanah Suci tetap milik Yahudi, Kristen, dan Islam. Betapa tidak, Masjidil Aqsha yang merupakan tanah lapang berbentuk persegi panjang tersebut merupakan tempat Nabi Sulaiman membangun Baitul Maqdis, Nabi Isa tinggal dan mangkat, serta Nabi Muhammad melakukan Mikraj.

Masjidil Aqsha lebih mirip sebuah kompleks bangunan tempat peribadatan, ada Tembok Ratapan, Gereja Makam Suci, serta Masjid Kubah Batu dan al-Aqsha yang dibangun Khalifah Abdul Malik. Maka sangat mengherankan jika ada fatwa dari imam kaum puritan wahabi/salafi yg mewajibkan Kaum Muslimin penduduk Palestina agar keluar dari wilayah Palestina dg alasan wilyah itu telah di kuasai Israil. [sumber: kisah islami]
HABIS
Siapa Pemilik Tanah Palestina Sesungguhnya? (2-Habis)
  • Open ID Comments
  • Facebook Comments
Top