brat ipoh :D

Latest News

Peta Harta Karun Afghanistan

Mineral langka di Bumi ada di Afghanistan? Dari tengah atas, searah jarum jam: praseodymium, cerium, lanthanum, neodymium, samarium, dan gadolinium (U.S. Department of Agriculture / Peggy Greb)

Peta Harta Karun Afghanistan

Pada 2010, data USGS menarik perhatian  U.S. Department of Defense's Task Force for Business and Stability Operations (TFBSO) -- badan di Dephan AS yang bertanggung jawab membangun kembali Afghanistan. Badan tersebut memperkirakan kekayaan mineral Afghanistan mencapai US$ 908 miliar, sementara perkiraan pemerintah setempat lebih tinggi yakni US$ 3 triliun.

Selama lebih dari 4 tahun, USGS dan  TFBSO sudah puluhan kali mengunjungi zona perang, untuk mengumpulkan dan menganalisa sampel mineral. Dalam rangka mengkonfirmasi temuan survei udara.

"Meneliti sumber daya mineral Afghanistan tak seperti di AS. Sama sekali tak normal," kata Medlin.

Hasil kerja para peneliti membantu mengembangkan peta-peta 'harta karun' yang membuat perusahaan tambang mengetahui mineral yang ada di sana, dan di mana saja, untuk menarik penawaran atas hak menambangnya.

Pemerintah Afghanistan telah menandatangani kontrak yang berlaku selama 30 tahun, dengan nilaui US$ 3 miliar, dengan China Metallurgical Group -- perusahaan tambang milik Pemerintah Tiongkok yang berbasis di Beijing -- untuk mengekspoitasi deposit tembaga  Mes Aynak. Sementara itu, hak untuk menambang deposit besi terbesar diberikan pada pihak pemerintah dan swasta India.

"Sumber daya alam ini berpotensi bagi Afghanistan untuk mengembangkan perekonomian, menciptakan lapangan kerja, dan membangun infrastruktur. Untuk masa depan," kata Medlin.

Kekayaan mineral bisa mengangkat Afghanistan dari jurang kemiskinan. Juga mendanai perlawanan terhadap kriminalitas dan terorisme. Demikian menurut Said Mirzad, yang juga koordinator program di Afghanistan USGS.

"Teroris di Afghanistan mengeksploitasi penderitaan penduduk setempat," kata Mirzad. "Jika rakyat diberi pekerjaan, jika mereka bisa membawa roti ke meja makan, jika mereka punya sesuatu untuk dipertahankan, teroris -- yang jumlahnya jauh lebih sedikit -- tak akan punya kekuasaan," kata dia.

Tantangan Terbesar

Apapun, mengembangkan industri pertambangan di Afghanistan bukan perkara gampang. Ada tantangan besar. "Salah satunya adalah soal keamanan," kata Medlin. "Lainnya terkait infrastruktur. Kita bicara soal akses terhadap energi yang membutuhkan pengembangan tambang, akses jalan, rel, dan lainnya. Juga soal akses ke air yang dibutuhkan dalam sebagian besar operasi tambang. Itu adalah tantangan besar, tapi bisa dilakukan."

USGS saat ini membantu peningkatan keahlian untuk para staf Badan Survei Geologi Afghanistan, mengajarkan teknik riset modern seperti remote sensing. "Kami ingin membawa Badan Geologi Afghanistan ke Abad ke-21," kata Medlin. "Tujuannya membantu negara ini mengembangkan sumber daya mineral yang berkelanjutan."

Tak hanya itu. Pertambangan dan bentuk lain dari pengembangan sumber daya alam dapat menyebabkan korupsi, gratifikasi,  kerusuhan sosial dan degradasi lingkungan.

Negara yang kaya mineral lain seperti Botswana, Chile, dan Norwegia bisa menjadi contoh yang baik bagi Afghanistan untuk menghindar dari masalah itu. Demikian ujar Marcia McNutt, Pemimpin Redaksi jurnal Science. (Yus)
Peta Harta Karun Afghanistan
  • Open ID Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

komentar anda...

Top