brat ipoh :D

Latest News

Warga AS minta Obama Tekan Palestina, Bukan Israel


Warga Amerika Serikat (AS) mengatakan, Presiden Barack Obama seharusnya meningkatkan tekanan kepada Palestina untuk melakukan perdamaian dengan Israel. Bagi warga AS, sebuah kesalahan besar bila tekanan justru ditujukan kepada Israel.

Di tengah rencana kunjungan Presiden Obama ke Israel, sebagian besar warga AS meminta presiden kulit hitam pertama AS itu untuk memilih menekan Otoritas Palestina. 48 persen warga AS menilai tekanan Obama harus ditujukan kepada Palestina, agar perdamaian di Timur Tengah dapat diraih dan mereka menolak bila tekanan diarahkan ke Israel.

Berdasarkan poling yang dilakukan oleh lembaga survei Gallup, sekira 25 persen warga AS menilai Israel seharusnya yang melakukan tekanan kepada Obama. Sementara 18 persen dari warga AS mengatakan, tekanan untuk berdamai harus ditujukan kepada baik Israel ataupun Palestina. Demikian diberitakan Associated Press, Selasa (19/3/2013).

Poling itu juga menunjukkan menurunnya dukungan pembentukan negara Palestina merdeka di Judea, Samaria, dan Gaza. Sekira 44 persen warga AS menunjukkan dukungannya tersebut. Hasil ini turun dari poling serupa yang dilakukan pada 2009 dan 2012 lalu, yang menunjukkan angka 51 persen.

Tetapi warga AS yang menolak pembentukan negara Palestina juga besar tahun ini. 37 persen warga menolak keras pembentukan negara Palestina dan mendukung Israel sebagai penguasa tunggal.

Obama sendiri dijadwalkan akan memulai kunjungan tiga harinya ke Israel pada 20 Maret mendatang. Kunjungan tersebut adalah kunjungan pertama Obama ke Israel selama dia memimpin AS.
no image
  • Open ID Comments
  • Facebook Comments
Top