brat ipoh :D

Latest News

logika thrasher

Logika...penerimaan atas pertimbangan pikiran dan akal adalah hal yang sering digunakan manusia sebagai acuan untuk suatu pembenaran. Logika sekarang bahkan menjadi suatu patokan dalam memperkuat  argumen – argumen dalam mempengaruhi kepercayaan dan pembenaran akan sesuatu.
Dalam beberapa keadaan, logika bahkan digunakan untuk mengaburkan atau bahkan menggelapkan kebenaran,  mengkamuflase kebohongan menjadi kebenaran.  ketika seseorang atau kelompok ingin melakukan pembenaran atas keyakinan dan kepercayaannya atau menanamkan suatu faham akan sesuatu yang kadang belum tentu benar secara hakikat, logika menjadi suatu senjata yang efektif. Dengan memberikan pemahaman yang lebih bisa diterima oleh akal manusia logika menjadi sangat ampuh dalam menanamkan kebohongan menjadi kebenaran.
Logika kadang juga digunakan untuk mematahkan kebenaran, dalam beberapa kasus, logika juga digunakan dalam pembelaan tindak kejahatan baik pidana maupun perdata, bukti – bukti dan alasan yang bisa diterima logika diciptakan, sehingga dapat memutar balikan fakta. Bahkan ketika seorang koruptor dinyatakan bersalah dan terbukti melakukan korupsi dan menyelewengkan dana puluhan milyar, dengan hanya memberikan alasan pembelaan untuk mempertimbagkan masa depan anak – anaknya, sang koruptor hanya di hukum dengan hukuman beberapa tahun dan tidak dilakukan penyitaan akan kekayaannya, sungguh hukuman yang sangat tidak adil. Ketika sang koruptor meguras banyak dana negara yang mungkin akan menjadi masa depan buat ratusan anak – anak lainnya, dengan menggunakan logika sebagai senjata ampuh malah berbalik menjadi pembenaran bahwa tidak terjadi pemiskinan terhadapnya dengan pertimbangan masa depan anak – anaknya. Apa anda dapat menerima pembenaran ini? Logika hakikat sebenarnya adalah ketika seseorang mengambil keputusan akan melakukan kesalahan, dia harus siap dengan segala konsekuensinya. Apabila maling tertangkap maka harus mempertanggung jawabkan perbuatannya, akibat yang akan membias pada semua aspek kehidupannya karir, keluarga bahkan segalanya, harus siap diterima sesuai dengan besar kesalahan, itu konsekuensi.
Logika bahkan pernah digunakan untuk menjatuhkan budaya adat yang sudah tertanam dari dari leluhur. Ketika seorang pemimpin suatu daerah mengeluarkan peraturan baru, larangan duduk mengangkang bagi kaum wanita yang membonceng sepeda motor, sungguh hanya suatu upaya kecil mempertahankan budaya adat kesopanan untuk mendukung pertahanan moral. Bukan hal yang asing dan baru hal seperti ini diterapkan didaerah ini, mengingat dari jaman nenek moyang dulu merupakan daerah yang memang memperhatikan hal – hal kecil yang menyangkut kesopanan seperti ini. Hanya saja dulu tingkat kesadaran lebih tinggi, sehingga tidak perlunya diterapkan peraturan yang formal, sedang kan pada zaman sekarang ketika pengaruh budaya luar yang sungguh sangat mempengaruhi tingkah laku para generasi penerus, sangat dibutuhkan upaya dari pemimpin untuk menanggapinya. Apresiasi para pemimpin ini ditanggapi oleh banyak pihak, pihak luar umumnya, dengan memberikan logika bahwa duduk mengangkang bagi wanita yang menbonceng adalah tidak aman. Sungguh ini suatu logika yang sangat bisa diterima oleh akal dan pikiran. Akan tetapi hakikatnya adalah didaerah ini dari dulu hal – hal kecil seperti ini sudah tertanam, sama seperti tangan kanan adalah lebih baik dari tangan kiri, ketika memberi salam, menyapa, memberi, makan atau melakukan hal – hal yang baik lainnya, tangan kanan lebih di utamakan, bahkan ketika menyapa, dan mengangkat tangan kiri bisa dianggap tidak sopan, kesopanan adalah bagian dari adat budaya di daerah ini. Bila ini dikaitkan dengan keamanan, sangat tidak mepengaruhi keamanan dari wanita yang duduk mengankang saat memboceng motor, karena pengendara akan lebih punya naluri berhati – hati, mengingat penumpang dibelakangnya.  Pada kenyataannya berapa banyak kecelakaan pada wanita yang membonceng mengangkang dan berapa banyak kecelakaan pada wanita yang tidak duduk mengangkang? Sungguh sebenarnya sama – sama berpotensi untuk mengalami kecelakaan. Logika saya sendiri selaku penulis, seumur hidup  saya belum pernah melihat wanita yang tidak mengangkang saat membonceng mengalami kecelakaan. Apakah anda pernah?
Pada akhinya, terserah anda mau meletakkan dimana logika, apa anda mampu menggunakan logika anda dengan baik atau anda akan menerima mentah – mentah logika dari luar tanpa mencerna, logika yang belum tentu benar walau kadang sangat menyentuh kebenaran akal anda....

sumber artikel : http://kutaukaumau.blogspot.com/2013/02/logika-thrasher.html
logika thrasher
  • Open ID Comments
  • Facebook Comments
Top