brat ipoh :D

Latest News

Studi: Perempuan Pemilik Kucing Bisa Berisiko Bunuh Diri

Suasana sebuah kafe kucing di Tokyo
Suasana sebuah kafe kucing di Tokyo (sumber: cookie.nu)

 
Bisa terinfeksi Toxoplasma gondii  saat mengganti kotak tempat kotoran kucing, melalui makanan yang terkontaminasi atau dimasak tidak terlalu matang.

Perempuan yang memelihara kucing ternyata memiliki risiko lebih tinggi untuk bunuh diri dan terkena masalah kesehatan mental.

Demikian hasil studi yang didapat para peneliti Denmark, belum lama ini.

Studi yang melibatkan lebih dari 45.000 perempuan Denmark itu menemukan, bahwa perempuan yang terinfeksi parasit Toxoplasma gondii (T. gondii) memiliki risiko 1,5 kali lebih tinggi untuk bunuh diri ketimbang mereka yang tidak terinfeksi.

Risiko tersebut, lanjut para peneliti, akan meningkat lagi bila dalam darah orang tersebut memiliki tingkat antibodi terhadap parasit yang lebih tinggi.

Para peneliti yang melakukan studi tersebut mengatakan, bahwa parasit tersebut menginfeksi sekitar satu dari tiga orang di seluruh dunia. Namun gejala yang timbul biasanya tidak terlihat atau hanya sedikit.

Parasit T. gondii itu sendiri tinggal dalam usus kucing. Orang bisa terinfeksi saat mengganti kotak tempat kotoran kucing, melalui makanan yang terkontaminasi atau dimasak tidak terlalu matang, sayuran yang tidak dicuci atau air yang tercemar.

Penelitian ini telah diterbitkan secara daring di Archives of General Psychiatry.
no image
  • Open ID Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

komentar anda...

Top